Search This Blog

Soal Pretes PPG 2022 Tahap 2 | Sesuai Kisi-kisi 2022 & Pengalaman Peserta Tahap 1

Soal Pretes PPG 2022 Tahap 2 | Sesuai Kisi-kisi 2022 & Pengalaman Peserta Tahap 1 


bukusiswaanaksekolah.com Soal Pretes PPG 2022 Tahap 2 . Halo sahabat guru buku siswa anak sekolah, Apa kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat.


Nah, pada postingan kali ini Buku Siswa Anak Sekolah akan berbagi mengenai Soal Pretes PPG 2022 Tahap 2 .


Pretest PPG merupakan rangkain tes awal untuk para peserta pendidikan profesi guru yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam mengikuti rangkaian PPG selanjutnya. 


Soal ini terdiri dari soal Pilihan Ganda sebanyak 10 butir soal.


Petunjuk akses belajar di blog ini:


Jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya! he.he

Siapkan buku dan alat tulis

Kerjakan soal ini terlebih dahulu, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan.

Kemudian cocokkan jawaban dengan kunci jawaban & pembahasan yang telah disediakan

Setelah melihat pembahasan, ulangi kembali mengerjakan & menjawab soal ini ! Untuk mengingat kembali pemahaman dan materi yang telah dipelajari.



***Selamat Belajar***


1. Bu Rahma guru kelas 5 menetapkan tujuan pembelajarannya untuk KD 3.6. kelas sebagai berikut!


Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik terampil menerapkan sifat bunyi pada indera pendengeran dalam kehidupan sehan-hari


Pernyataan yang tepat berkaitan dengan alat evaluasi yang digunaken Bu Rahma untuk melakukan penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut sebaiknya....

A. Pilihan ganda tentang sifat-sifat bunyi dan contoh pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.

B. Uraian singkat untuk menyebutkan kegunaan alat musik dalam pembelajaran seni.

C. Tertulis tentang jenis alat musik tradisional yang digunakan di daerahnya.

D. Menjodohkan pernyataan dan pilihan jawaban nama alat musik dan cara memainkannya.

E. Unjuk kerja dalam membuktikan adanya perambatan bunyi melalui medium benda padat.


2. Seorang guru kelas VI menuliskan indikator pembelajaran "Siswa dapat menganalisis tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia yang multi kultur".

Untuk mengukur ketercapaian indikator pembelajaran hal yang harus dilakukan guru tersebut adalah...


A. Tes tertulis tentang hak dan kewajiban.

B. Penilaian diri.

C. Lembar observasi kegiatan siswa dalam melaksanakan kewajiban.

D. Jurnal perkembangan siswa dalam melaksanakan kewajiban.

E. Portofolio karya peserta didik


3. Berdasarkan hasil analisis kemampuan menggali data oleh para siswa di kelasnya, Pak Ujang mendapatkan bahwa rata rata hanya 5 orang dari 30 siswanya yang melakukan wawancara dengan benar. Sebagian besar siswa tidak dapat melaksanakan arahan yang telah dijelaskannya. Selain itu, pada setiap melakukan wawancara, para siswa cenderung menanyakan materi di luar pokok wawancara.


Sehubungan dengan permasalahan tersebut, Pak Ujang kemudian merumuskan akar permasalahan pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat terampil dalam melakukan wawancara ketika menggali data dalam pembelajaran IPA?".


Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:


1) Apakah pemberian naskah wawancara dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam melakukan wawancara?


2) Bagaimana pelaksanaan latihan wawancara terhadap nara sumber dalam pembelajaran IPA yang diselenggarakan di sekolah lainnya?


3) Bagaimana strategi melakukan wawancara di luar kelas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap percobaan IPA?


4) Apakah saya periu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?


Permasalahan di atas yang dapat digunakan Pak Ujang dalam rangka melakukan refleksi untuk persiapan merencanakgn PTK adalah....


A. (1) (3) dan (4)

B. (3) dan (4)

C. (1) dan (2)

D. (1), (2), dan (3)

E. (2) (3) dan (4)


4. Dalam proses pembelajaran di SD Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kerja Mandiri dengan diskusi kelompok. berdasarkan teori perkembangan peserta didik teori yang digunakan oleh guru tersebut adalah ...

A. Humanistik

B. Behaviorisme

C. kognitivisme

D. konstruktivisme

E. sibernetik


5. Dalam rpp yang dikembangkan oleh guru terdapat indikator pencapaian kompetensi "Membuat denah kelas dengan skala yang benar" jenis instrumen penilaian yang relevan untuk mengukur indikator tersebut adalah....

A. Observasi

B. tes lisan

C. jurnal

D. demonstrasi

E. tes tertulis


6. Terdapat Indikator Pencapaian kompetensi "Mengidentifikasi pemanfaatan SDA hayati bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal " jenis instrumen penilaian relevan untuk mengukur indikator adalah...

A. Observasi

B. portofolio

C. uji praktek produk

D. tes tertulis

E. Unjuk kerja


7. Pembelajaran yang berpusat pada siswa didasari prinsip pembelajaran konstruktivisme. Jika seorang guru SD ingin merancang pembelajaran dengan menggunakan prinsip pembelajaran konstruktivisme salah satu langkah yang harus dilakukan adalah....

A. Memberikan pretest untuk melihat kondisi awal siswa

B. Mengembangkan metode pembelajaran untuk merangsang kreativitas dan cara berpikir siswa

C. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk berbagi pengalaman terkait materi

D. Melakukan penilaian berbasis problem solving

E. Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata


8. Salah satu KD kelas 4 di Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:

"Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan". Indikator pencapaian kompetensi yang dapat disusun berdasarkan karya tersebut bagi pembelajaran di kelas 4 SD adalah...

A. Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat cahaya

B. Peserta didik Mampu menyebutkan jenis-jenis sumber cahaya

C. Peserta didik dapat membuat model lup

D. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh cahaya terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman

E. Peserta didik memahami sifat cermin datar


9. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....

A. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

B. Memberikan penjelasan pengetahuan baru 

C. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

D. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

E. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya


10. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

A. Konstruktivistik

B. Humanistic

C. Kognitivistik

D. Sibernetik

E. Behavioristik


Kunci Jawaban:

1. B

2. A

3. A

4. D

5. D

6. D

7. C

8. C

9. D

10. A


Baiklah sahabat buku siswa anak sekolah, cukup sekian dulu ya sharing kita kali ini. Semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita bersama.


Sahabat buku siswa anak sekolah, kami menyadari bahwa dengan keterbatasan yang kami miliki sudah tentu apa yang kami bagikan jauh dari kata sempurna. Namun, kami akan selalu berusaha untuk senantiasa menyajikan postingan-postingan yang terbaik dan kami akan selalu menguptude untuk memberikan yang terbaik. Tentunya dukungan dari sahabat semua sangat kami harapkan, senang rasanya jika sahabat-sahabat berkenan untuk membagikan postingan-postingan kami dimedia sosial para sahabat agar apa yang kami bagikan semakin memberikan manfaat untuk banyak orang. Amin 🙏


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana bukusiswaanaksekolah.com Di Kutip dari BERIT...