Search This Blog

Soal Pretest PPG PGSD 2022 Dilengkapi Kunci Jawaban | Seri 3 by Buku Siswa Anak Sekolah

Soal Pretest PPG 2022 Dilengkapi Kunci Jawaban | Seri 3 by Buku Siswa Anak Sekolah

bukusiswaanaksekolah.com contoh soal pretest pendidikan profesi guru PPG 2022. Halo sahabat guru buku siswa anak sekolah, Apa kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat.

Nah, pada postingan kali ini Buku Siswa Anak Sekolah akan berbagi mengenai Latihan soal Pretest PPG Guru 2022.

Pretest PPG merupakan rangkain tes awal untuk para peserta pendidikan profesi guru yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam mengikuti rangkaian PPG selanjutnya.

Adapun Rangkain soal pretest PPG keguruan meliputi empat kompetensi utama yaitu: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Tes Intelegensi Umum, Kompetensi Minat dan Bakat.

Soal ini terdiri dari soal Pilihan Ganda sebanyak 10 butir soal. Adapun pembahasan soal pada artikel kali ini yaitu Soal Pretest PPG TPA (Tes Potensi Akademik):

Petunjuk akses belajar di blog ini:

1. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya! he.he

2. Siapkan buku dan alat tulis

3. Kerjakan soal ini terlebih dahulu, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan.

4. Kemudian cocokkan jawaban dengan kunci jawaban & pembahasan yang telah disediakan

5. Setelah melihat pembahasan, ulangi kembali mengerjakan & menjawab soal ini ! Untuk mengingat kembali pemahaman dan materi yang telah dipelajari.

A. Soal Pilihan Ganda. Pilihlah jawaban A, B, C, D, atau E yang kamu anggap benar dibawah ini!

1. Sebuah bangun jajargenjang PQRS mempunyai sifat sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang dapat dibentuk dari 4 buah titik dengan koordinat P (-3, 2), Q (0,4), R (4,4), maka koordinat titik S yang tepat adalah....
a. S (1,2)
b. S (-1,2)
c. S (-2,1)
d. S (-2,-1)
e. S (0, -1)

2. Pernyataan berikut ini yang tepat mengenai faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik adalah....
a. Benih cepat tumbuh pada kondisi gelap.
b. Udara bersih disebabkan masih banyak tumbuhan
c. Penebangan pohon menyebabkan longsor dan erosi 
d. Didaerah yang banyak pohon memiliki simpanan air
e. Besi yang berkarat karena hujan asam.

Perhatikan teks berikut untuk menjawab no 3-5

Anang, Beni, Cindi, Doni dan Edo adalah lima orang diplomat. Anang hanya dapat berbicara bahasa inggris dan jerman. Beni mampu berbicara Prancis, Jepang, dan Cina. Cindi hanya dapat berbicara bahasa jerman. Doni hanya dapat berbicara bahasa inggris, jepang, dan cina. Dan Edo mampu berbicara bahasa prancis dan jerman.

3.  Dibawah ini diplomat yang mampu menguasai lebih dari 2 bahasa adalah....
a. Anang dan Cindi
b. Beni dan Cindi
c. Cindi dan Edo
d. Beni dan Doni
e. Doni dan Anang

4. Berikut ini diplomat yang mampu menguasai bahasa jepang dan cina adalah....
a. Anang dan Edo
b. Beni dan Doni
c. Cindi dan Anang
d. Doni dan Edo
e. Doni dan Anang

5. Jika dua orang diplomat saling berkomunikasi, maka yang memerlukan penerjemah adalah....
a. Anang dengan Doni
b. Beni dengan Edo
c. Beni dengan Cindi
d. Cindi dengan Anang
e. Cindi dengan Edo

6. Model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam mata pelajaran PPKN untuk mencapai pembelajaran yang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student center) adalah...
a. Guru sebagai mediator, menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah.
b. Guru sebagai mediator, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan keterampilan tingkat tinggi dalam memecahkan masalah.
c. Guru sebagai sumber informasi, memberikan penjelasan kepada peserta didik mengenai materi ajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
d. Guru sebagai motivator, memberikan motivasi untuk menumbuhkan belajar aktif sehingg menjadi pembelajar yang mandiri.
e.  Guru sebagai fasilator, memfasilitasi peserta didik untuk aktif merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik dalam kelompok atau individu untum membangun pengetahuan dan keterampilan berpikir.

7. Pak Danar mengajar di kelas yang berjumlah 40 siswa. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa adalah berdiskusi mengulangi pelajaran yang telah diberikan. Sebagai guru anda mengamati selama kegiatan diskusi dalam pembelajaran cenderung masih terdapat banyak siswa yang bergurau dengan teman sebangkunya. Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka tindakan yang tepat adalah....
a. Membebaskan siswa untuk berdiskusi meskipun ramai dan gaduh
b. Memberikan aturan baru dalam berdiskusi dengan materi yang berbeda disetiap kelompok.
c. Tetap melanjutkan kegiatan diskusi dengan anggapan diskusi memang gaduh
d. Memberhentikan diskusi dan memaksa siswa agar memperhatikan 
e. Mebiarkan saja karena memang dalam diskusi cenderung untuk bergurau

8. Pernyataan yang tepat mengenai tindakan yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak adalah....
a. Kartu kata, kartu suku kata dan kartu gambar
b. Bola kecil, bola besar, dan mobil-mobilan
c. Pensil, spidol warna dan kertas gambar
d. Cermin, pakaian rias, dan aksessoris
e. Blok dienes, papan geometri, dan kertas origami

9. Dalam pembelajaran PKn dikenal beberapa asas yang patut diketahui oleh guru. Salah satunya adalah guru harus memandang peserta didik sebagai manusia secara manusiawi. Segala kelebihan dan kekurangam peserta didik harus dihargai. Peserta didik selalu diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya meskipun dengan segala keterbatasan potensi yang dimilikinya. Hal ini sesuai dengan asas....
a. Humanistic
b. Student centered
c. Utuh, bulat, terpadu dan berkesinambungan
d. Teacher centered
e. Multi dimensi

10. Pembelajaran kontekstual dalam IPA pada siswa kelas 1 SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan yang sesuai untuk mengidentifikasi bagian-bagian amggota tubuh adalah....
a. Memperagakan tubuh sendiri
b. Mengamati gambar tubuh manusia
c. Memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh
d. Tanya jawab mengenai bagian-bagian anggota tubuh
e. Menampilkan tayangan video terkait anggota tubuh.

Kunci Jawaban:

1. A

2. A

3. D

4. B

5.  C

6. E

7. A

8. D

9. A

10. A


Baiklah sahabat guru buku siswa anak sekolah, cukup sekian dulu ya sharing kita kali ini. Semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita bersama.

Sahabat buku siswa anak sekolah, kami menyadari bahwa dengan keterbatasan yang kami miliki sudah tentu apa yang kami bagikan jauh dari kata sempurna. Namun, kami akan selalu berusaha untuk senantiasa menyajikan postingan-postingan yang terbaik dan kami akan selalu menguptude untuk memberikan yang terbaik. Tentunya dukungan dari sahabat semua sangat kami harapkan, senang rasanya jika sahabat-sahabat berkenan untuk membagikan postingan-postingan kami dimedia sosial para sahabat agar apa yang kami bagikan semakin memberikan manfaat untuk banyak orang. Amin 🙏

Baca Juga:

  • Lihat Postingan Pretest PPG Pedagogik (Disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana bukusiswaanaksekolah.com Di Kutip dari BERIT...