Search This Blog

SOAL PPPK PGSD - KOMPETENSI BAHASA INDONESIA [BAGIAN 1] / SEUAI FR & KISI-KISI KEMDIKBUD

SOAL PPPK PGSD - KOMPETENSI BAHASA INDONESIA [BAGIAN 1] / SEUAI FR & KISI-KISI KEMDIKBUD

Halo sahabat-sahabat semuanya,  mengingat pemerintah akan melakukan rekrutmen satu juta guru melalui mekanisme ASN PPPK. Dimana dalam proses pelaksanaanya akan dilakukan sebanyak 3 kali tahapan tes, maka tidak menutup kemungkinan peluang untuk menjadi ASN PPPK sangatlah besar. Sehubungan dengan seleksi PPPK ini, maka sobat buku siswa kali ini akan berbagi rangkuman materi dan soal-soal terkait PPPK terkhusus untuk PGSD. Materi dan soal-soal yang kami sajikan telah disusun berdasarkan kisi-kisi kemdikbud dan disesuaikan dengan FR serta pengalaman-pengalaman rekan-rekan yang sudah berhasil dalam seleksi PPPK sebelumnya. Semoga apa yang sobat buku siswa sajikan dapat bermanfaat untuk sahabat-sahabat semua dalam membantu kegiatan belajarnya. Berikut adalah sajian rangkuman materi dan soal-soal PPPK PGSD untuk kompetensi Teknis Bahasa Indonesia.

Petunjuk akses belajar di blog ini:
1. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya! he.he
2. Siapkan buku dan alat tulis
3. Kerjakan soal ini terlebih dahulu, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan.
4. Kemudian cocokkan jawaban dengan kunci jawaban & pembahasan yang telah disediakan
5. Setelah melihat pembahasan, ulangi kembali mengerjakan & menjawab soal ini ! Untuk mengingat kembali pemahaman dan materi yang telah dipelajari.

***Selamat Belajar***

SOAL PPPK PGSD KOMPETENSI BAHASA INDONESIA [BAGIAN 1]

Dari sebuah hasil percobaan kita perlu menyusun laporan hasil percobaan. Adapun langkah-langkah dalam menyusun laporan hasil percobaan yaitu:

1. Meyusun laporan percobaan berdasarkan struktur yang tepat
2. Menentukan judul laporan sesuai objek yang diamati
3. 
Menyimpulkan hasil laporan percobaan
4. Menyusun atau menuliskan bagian uraian

Urutan yang tepat dalam menyusun laporan hasil percobaan adalah....

A.  2-3-1-4
B.  2-3-4-1

C.  2-1-4-3

D.  2-1-3-4

E.  2-4-1-3

Perhatikan petunjuk langkah-langkah membuat kue bolu di bawah ini:

1. Lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak kedalam wadah bergantian dengan minuman soda sedikit demi sebari terus dikocok hingga rata.
2. Kukus kue selama 20 menit atau hingga mengembang.
3. 
Ayak tepung terigu dengan baking powder
4. Abil sebagian adonan dan masukkankedalam wadah lain lalu tambahkan pasta cokelat.
5. Masukkan gula pasir, telur dan emulsifier ke dalam wadah, kemudian kocok dengan menggunakan mixer selama 10 menit hingga mengembang.
6. Tuangkan adonan putih terlebih dahulu ke dalam cetakan, lalu tambahkan adonan cokelat.
7. Siapkan cetakan kue bolu kukus lapisi dengan kertas kue bolu.
8. Tambahkan pasta vanilla pada adonan satunya.

Urutan langkah yang tepat dalam membuat kue bolu kukus adalah....

A.  3-5-1-4-8-7-2-6
B.  
3-5-1-4-8-6-7-2
C.  
3-5-1-4-8-7-6-2
D.  
3-5-1-8-4-6-7-2
E.  
3-5-1-8-4-7-2-6

Bacalah penggalan cerita berikut ini !

Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk. Untuk duduk atau menggenakan sepatu aku harus dibantu ayah dan ibuku. Bukan karena aku manja, tatapi karena memang aku sulit untuk menekuk tubuhku lantaran terganjal perutku yang buncit. Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai. Sudah kucoba berbagai jenis olahraga, mulai renang dan fitnes, namun semuanya tidak bertahan lama. Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat aku sukai, yaitu bermain bulutangkis. Sungguh sehari saja aku tidak menyentuh raket dan bola tenis, rasanya tanganku gatal.

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan paragraf....

A.  Narasi
B.  Deskripsi

C.  Eksposisi

D.  Persuasi

E.  Argumentasi

Bacalah penggalan cerita berikut ini !

Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk. Untuk duduk atau menggenakan sepatu aku harus dibantu ayah dan ibuku. Bukan karena aku manja, tatapi karena memang aku sulit untuk menekuk tubuhku lantaran terganjal perutku yang buncit. Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai. Sudah kucoba berbagai jenis olahraga, mulai renang dan fitnes, namun semuanya tidak bertahan lama. Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat aku sukai, yaitu bermain bulutangkis. Sungguh sehari saja aku tidak menyentuh raket dan bola tenis, rasanya tanganku gatal.

Dilihat dari pola pengembangan paragrafnya,  adapun tujuan paragraf tersebut adalah....

A.  Menjelaskan sesuatu
B.  Meyakinkan pembaca

C.  Menggambarkan sesuatu

D.  Menceritakan sesuatu

E.  Memengaruhi orang

Judul buku: Resep Obat Tradisional
Pengarang: Iwan Santosa
Tahun terbit: 2007
Penerbit: Cahaya Permata
Tempat penerbitan: Jakarta

Jika buku tersebut dijadikan referensi penulisan sebuah karya ilmiah, maka penulisan daftar pustaka yang tepat adalah....

A.  Santosa, Iwan. 2007. Resep Obat Tradisional. Jakarta: Cahaya Permata
B.  
Santosa, Iwan. (2007). Resep Obat Tradisional. Jakarta: Cahaya Permata
C.  
Santosa, Iwan. 2007. Resep Obat Tradisional. Jakarta: Cahaya Permata
D.  
Santosa, Iwan. 2007. Resep Obat Tradisional. Cahaya Permata: Jakarta
E.  
Iwan, Santosa. 2007. Resep Obat Tradisional. Jakarta: Cahaya Permata

Lihat jawaban + Pembahasan

Lihat Soal-soal PPPK PGSD Lainnya disini: (Klik Disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana bukusiswaanaksekolah.com Di Kutip dari BERIT...