Search This Blog

SOAL PPPK PGSD - KOMPETENSI BAHASA INDONESIA [BAGIAN 2] / SEUAI FR & KISI-KISI KEMDIKBUD

SOAL PPPK PGSD - KOMPETENSI BAHASA INDONESIA [BAGIAN 2] / SEUAI FR & KISI-KISI KEMDIKBUD

Halo sahabat-sahabat semuanya,  mengingat pemerintah akan melakukan rekrutmen satu juta guru melalui mekanisme ASN PPPK. Dimana dalam proses pelaksanaanya akan dilakukan sebanyak 3 kali tahapan tes, maka tidak menutup kemungkinan peluang untuk menjadi ASN PPPK sangatlah besar. Sehubungan dengan seleksi PPPK ini, maka sobat buku siswa kali ini akan berbagi rangkuman materi dan soal-soal terkait PPPK terkhusus untuk PGSD. Materi dan soal-soal yang kami sajikan telah disusun berdasarkan kisi-kisi kemdikbud dan disesuaikan dengan FR serta pengalaman-pengalaman rekan-rekan yang sudah berhasil dalam seleksi PPPK sebelumnya. Semoga apa yang sobat buku siswa sajikan dapat bermanfaat untuk sahabat-sahabat semua dalam membantu kegiatan belajarnya. Berikut adalah sajian rangkuman materi dan soal-soal PPPK PGSD untuk kompetensi Teknis Bahasa Indonesia.

Petunjuk akses belajar di blog ini:
1. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya! he.he
2. Siapkan buku dan alat tulis
3. Kerjakan soal ini terlebih dahulu, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan.
4. Kemudian cocokkan jawaban dengan kunci jawaban & pembahasan yang telah disediakan
5. Setelah melihat pembahasan, ulangi kembali mengerjakan & menjawab soal ini ! Untuk mengingat kembali pemahaman dan materi yang telah dipelajari.

***Selamat Belajar***

SOAL PPPK PGSD KOMPETENSI BAHASA INDONESIA [BAGIAN 2]

Judul buku: Resep Jajanan Tradisional
Pengarang: Heri Irawan
Tahun terbit: 2007
Penerbit: Cahaya Permai
Tempat penerbitan: Bandung

Jika buku tersebut dijadikan referensi penulisan sebuah karya ilmiah, maka penulisan daftar pustaka yang tepat adalah....

A.  Irawan, Heri. 2007. 
Resep Jajanan TradisionalBandung: Cahaya Permai
B.  Irawan
, Heri. (2007). Resep Jajanan Tradisional. Bandung: Cahaya Permai
C.  
Irawan, Heri. 2007. Resep Jajanan Tradisional.  Bandung: Cahaya Permai
D.  
Irawan, Heri. 2007. Resep Jajanan Tradisional. Cahaya Permai: Bandung
E.  
Heri, Irawan. 2007. Resep Jajanan Tradisional.  Bandung: Cahaya Permai

Gadis bernama Rena hidup dengan neneknya di rumah peot, pinggiran desa. Rena telah lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliahnya di Kota. Rena mendapatkan beasiswa karena kecerdasannya.

Dia meminta izin kepada neneknya, namun neneknya tidak memberikannya izin. Neneknya mencoba menjelaskan kepada Rena alasannya, namun Rena tidak menggubrisnya. 

Selama beberapa hari Rena tidak berbicara pada neneknya. Rena merencanakan kabur dari rumah untuk menggapai cita-citannya. Setalah sampai di kota dia merasa terbebas dari beban dan belengu pikirannya.

Sambil kuliah dia bekerja di rumah makan sebagai pelayan. Suatu malam ketika pulang kerja dia melihat pengemis renta yang masih menengadahkan tangannya. Seketika Rena teringat akan neneknya yang telah membesarkan dan merawatnya saat kedua orang tuanya telah menghadap sang pencipta. Akhirnya Rena memutuskan untuk pulang kampung malam itu juga.

Akhirnya Rena tidak melanjutkan studinya di kota. Dia menghabiskan waktunya untuk membantu mengajar anak-anak putus sekolah di desannya. Hidupnya sekarang lebih tenang dan bahagia.

Pernyataan yang tepat mengenai struktur cerita teks di atas adalah....

A.  Bagian Orientasi, yaitu kemunculan masalah ada di paragraf 3

B.  Bagian Resolusi, yaitu penyelesaian masalah ada di paragraf 2

C.  Bagian Orientasi, yaitu pengenalan tokoh dan latar di paragraf 1

D.  Bagian Koda, yaitu pesan yang dapat diambil ada di paragraf 4

E.  Bagian Komplikasi, 
yaitu kemunculan masalah ada di paragraf 5

Gadis bernama Rena hidup dengan neneknya di rumah peot, pinggiran desa. Rena telah lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliahnya di Kota. Rena mendapatkan beasiswa karena kecerdasannya.

Dia meminta izin kepada neneknya, namun neneknya tidak memberikannya izin. Neneknya mencoba menjelaskan kepada Rena alasannya, namun Rena tidak menggubrisnya. 

Selama beberapa hari Rena tidak berbicara pada neneknya. Rena merencanakan kabur dari rumah untuk menggapai cita-citannya. Setalah sampai di kota dia merasa terbebas dari beban dan belengu pikirannya.

Sambil kuliah dia bekerja di rumah makan sebagai pelayan. Suatu malam ketika pulang kerja dia melihat pengemis renta yang masih menengadahkan tangannya. Seketika Rena teringat akan neneknya yang telah membesarkan dan merawatnya saat kedua orang tuanya telah menghadap sang pencipta. Akhirnya Rena memutuskan untuk pulang kampung malam itu juga.

Akhirnya Rena tidak melanjutkan studinya di kota. Dia menghabiskan waktunya untuk membantu mengajar anak-anak putus sekolah di desannya. Hidupnya sekarang lebih tenang dan bahagia.

Berdasarkan tahapan pada alur cerita penggalan cerpen di atas, maka urutan struktur cerita teks di atas adalah....

A.  Paragraf 1 (Resolusi), Paragraf 2 (Komplikasi), 
Paragraf 3 (Komplikasi), Paragraf 4 (Komplikasi), Paragraf 5 (Orientasi)
B.  
Paragraf 1 (Orientasi), Paragraf 2 (Komplikasi), Paragraf 3 (Resolusi), Paragraf 4 (Koda), Paragraf 5 (Evaluasi)
C.  
Paragraf 1 (Orientasi), Paragraf 2 (Evaluasi), Paragraf 3 (Koda), Paragraf 4 (Komplikasi), Paragraf 5 (Resolusi)
D.  
Paragraf 1 (Orientasi), Paragraf 2 (Komplikasi), Paragraf 3 (Komplikasi), Paragraf 4 (Komplikasi), Paragraf 5 (Resolusi)
E.  
Paragraf 1 (Orientasi), Paragraf 2 (Komplikasi), Paragraf 3 (Abstrak), Paragraf 4 (Evaluasi), Paragraf 5 (Resolusi)

Pagi itu indah sekali di Puncak Bukit. Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau. Sepanjang mata memandang, tampak kebun teh yang hijau segar. Langit sangat bersih dan berwarna biru cerah, menjadi pemandangan yang sungguh indah.

Berdasarkan kutipan cerita, maka pernyataan yang tepat mengenai unsur cerpen di atas adalah....

A.  Latar

B.  Tema

C.  Penokohan

D.  Alur

E.  Amanat

Pagi hari yang cerah, terlihat seorang guru yang sedang mengajar di kelasnya. Guru itu bertanya kepada murid-muridnya perihal kehadiran.

Penulisan kalimat langsung yang tepat berikut ini adalah....

A.  "Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot"? tanya Bu Guru.
B.  
"Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot" tanya Bu Guru?
C.  "Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot?" tanya Bu Guru.

D.  
Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot? "tanya Bu Guru".
E.  
"Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot?"tanya Bu Guru".

Lihat jawaban + Pembahasan

Lihat Soal-soal PPPK PGSD Lainnya disini: (Klik Disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana

Guru Sertifikasi Dapat Kabar Baik !!! Kebijakan Kemdikbud yang Ditunggu-tunggu Akan Terlaksana bukusiswaanaksekolah.com Di Kutip dari BERIT...